PENGARUH MEDIA SOCIAL MARKETING DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT.SELULER 1 MEDAN
Dwi Fany Fransiska Dewi Butar-Butar , Lisnawati Berasa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh Media Social Marketing dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilaksanakan pada PT.Seluler 1 Medan. Media Social Marketing dan Ekuitas Merek adalah hal yang sangat penting agar Keputusan Pembelian dapat mengalami peningkatan. Populasi pada penelitian ini sebesar 170 0rang dengan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling sehingga sampel sebesar 34 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner yang diberikan kepada setiap responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan rumus Y=a+b1X1+b2X2+e, dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh Sosial Media Marketing dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian digunakan rumus koefisien determinasi (R2).
Dari hasil uji validitas dan reliabilitas kuesioner, setiap butir pernyataan dinyatakan valid dan diperoleh persamaan regresi Y=12,555+0,376X1+0,324X2+e, yang berati setiap terjadi perubahan atas faktor Sosial Media Marketing dan Ekuitas Merek maka Keputusan Pembelian akan bertambah sebesar 0,376 untuk koefisien X1 dan 0,324 untuk koefisien X2. Dalam pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji t-hitung yang diperoleh sebesar 2,723 untuk koefisien X1, dan 3,042 untuk koefisien X2, hal ini berarti terdapat pengaruh Sosial Media Marketing dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian pada PT. SELULER 1 Medan. Adapun variabel yang paling berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian adalah Ekuitas Merek. Pada Koefesien determinasi diperoleh keterangan bahwa setiap perubahan variabel terikat (Y) sebesar 0,839 yang artinya 83,9% perubahan variabel terikat (Keputusan Pembelian) dijelaskan oleh variabel bebas yaitu Sosial Media Marketing dan Ekuitas Merek. Sementara itu sisanya sebesar 16,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model penelitian ini.
References
Irawan, Handi. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2009
Koller, Philip & Kevin Lane. Manajemen Pemasaran. Erlangga 2009
Koncoro, Mudrajad. Metode Kuantitatif (Teori dan aplikasi untuk Bisnisdan Ekonomi). Yogyakarta :Penerbit AMP YKPN, 2008
Setiyaningrum, Ari & Jusuf Udaya. dkk; Prinsip – Prinsip Pemasaran . yogyakarta.Andi 2015
Surachman S.A.Dasar Dasar Manajemen Merek. Bayumedia publishing. 2008
Sugiyono. Metode Penelitian kuantitatif,kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016
Febriana, ria. ana Putra. Pengaruh Promosi dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Gira Nirwa Tour And Travel Medan 2016
Fadhila, nida.Studi tentang Social Media Marketing dan Brand awareness,word of mounth terhadap minatbeli produk mommilk (studi pada pengguna instagram,mahasiwa Universitas Diponegoro)2016
Mustika khalida Elza. Pengaruh Ekuitas Merek dan Jumlah kompetitor Terhadap Keputusan PembelianProduk Mustika Ratu Tbk. 2016
Passawung La Alique. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Tingkat Kunjunagan Coffee Di Makasar. 2014.
Setiawati, Mila.pengaruh media sosial terhadap minat beli konsumen studi kasus mahasiswa manjemen Universitas Pasir Pengaraian.2015
Simarmata ronauli vera.Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada masyarakat kota PematangSiantar.2017
Wijaya reski.Pengaruh ekuitas merek (brand equity) terhadap keputusan pembelian smartphone merek samsung dikota makassar.2017