https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/issue/feedJURNAL VISI EKONOMI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN2025-08-09T04:41:35+00:00Pengelola Jurnal Visi Ekonomi Akuntansi dan Manajemenstieibmi.medan@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Visi Ekonomi Akuntansi dan Manajemen</p>https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/article/view/243PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN : NET PROFIT MARGIN DAN GROSS PROFIT MARGIN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA2025-07-24T03:25:29+00:00Laily Ramadhanilailyramadhani96@gmail.com<p>Penelitian bertujuan untuk menilai bagaimana kinerja keuangan pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Selama tahun 2019-2023 berdasarkan Rasio Profitabilitas yang terdiri dari <em>Net Profit Margin</em> dan <em>Gross Profit Margin</em>. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memperoleh gambaran kondisi perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Periode 2019-2023. Kesimpulan dari penelitian ini adalah selama tahun 2019 hingga 2023 dilihat dari Rasio Profitabilitas berdasarkan <em>Net Profit Margin</em> menunjukan hasil kinerja keuangan sebesar 3% yang dinilai kurang baik karena belum mencapai nilai standar rata-rata industri yaitu 20% dan <em>Gross Profit Margin </em>menunjukan hasil kinerja keuangan sebesar 4% yang dinilai kurang baik karena belum mencapai nilai standar rata-rata industri yaitu 40%.</p>2025-07-24T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/article/view/244PENGARUH PENGARUH PENGETAHUAN DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN INTERPERSONAL2025-07-24T09:07:43+00:00nurhasanah sihotangnurhasanahsihotang28@gmail.com<p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan interpersonal Sales Promotion Girl (SPG) yang disebabkan kurangnya pengetahuan dan motivasi dari para sales yang dalam hal ini tentunya mempengaruhi performa perusahaan dalam menjalankan bisnis. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan motivasi terhadap keterampilan interpersonal</p> <p>Jenis penelitian bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak yaitu 50 orang Sales Promotion Girl (SPG) dengan menggunakan sampling jenuh dengan jumlah seluruh sales sebanyak 50 orang. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dimana data primer didapat dari observasi, wawancara dan kuesioner, sedangkan data sekunder didapat dari dokumentasi. Kemudian analisa data dilakukan dengan analisa deskriptif dan regresi linier sederhana dengan pengujian hipotesis secara uji t dan koefisien determinasi.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai uji t variabel pengetahuan (0,000) lebih kecil dibandingkan dengan dari alpha 5% (0,05) atau t<sub>hitung </sub>= 6,573 > t<sub>tabel</sub> 1.678. Serta untuk variabel motivasi (0,000) lebih kecil dibandingkan dengan dari alpha 5% (0,05) atau t<sub>hitung</sub>= 4,225 > t<sub>tabel</sub> = 1.678. Hal ini menunjukan bahwa secara parsial pengetahuan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan interpersonal. Berdasarkan uji F diperoleh F<sub>hitung</sub>= 51,731 >F<sub>tabel </sub> = 3,20 dengan angka signifikansi(0,000) lebih kecil dibandingkan dengan dari alpha 5% (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan pengetahuan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan interpersonal. Sedang kan nilai Adjusted R Square adalah 0,674 atau 67,4%. Nilai ini memberikan pengertian bahwa pengetahuan (X1) dan motivasi (X2) berpengaruh terhadap keterampilan interpersonal (Y) sebesar 67,4%. Sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini.</p> <p> </p>2025-07-24T09:07:43+00:00##submission.copyrightStatement##https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/article/view/245DAMPAK KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA SALAH SATU PERUSAHAAN OUTSOURCING DI KOTA MEDAN2025-07-24T09:11:18+00:00Irwan Nopian Sinagasinaga.irwann@yahoo.com<p>Penelitian ini menganalisis dampak kompensasi, lingkungan kerja, dan stres kerja terhadap kinerja karyawan <em>outsourcing</em>. Latar belakang masalah menunjukkan adanya penurunan kinerja karyawan <em>outsourcing</em> dari tahun 2019-2021, diiringi isu kompensasi yang tidak transparan, lingkungan kerja yang memicu konflik, dan stres akibat tekanan serta pekerjaan di luar deskripsi. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 43 karyawan <em>outsourcing</em>, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi, lingkungan kerja, dan stres kerja secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kompensasi yang adil meningkatkan motivasi, lingkungan kerja yang kondusif mendukung produktivitas dan menariknya, stres kerja dalam batas optimal justru memacu kinerja. Model regresi Y=−1,744+0,302X1+0,685X2+0,672X3+e menunjukkan bahwa 94,8% variasi kinerja dapat dijelaskan oleh ketiga variabel ini. Temuan ini menekankan pentingnya manajemen sumber daya manusia yang terintegrasi untuk mengoptimalkan kinerja karyawan outsourcing.</p>2025-07-24T09:11:18+00:00##submission.copyrightStatement##https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/article/view/247PENGARUH GAYA HIDUP DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN ONLINE PADA SALAH SATU TOKO DI KOTA MEDAN2025-08-04T02:12:46+00:00Rifqah Harahaprifqah412hrp@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian <em>online </em>pada salah satu toko di kota Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan <em>Simple Random Sampling. </em>Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linear berganda dan pengolahan data menggunakan aplikasi <em>SPSS Versi 25.</em> Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pakaian <em>online</em> dengan nilai t<sub>hitung</sub> sebesar 4,995 lebih besar dari t<sub>tabel</sub> 1,985 dan didukung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 (5%), terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap keputusan pembelian pakaian <em>online </em>dengan nilai t<sub>hitung</sub> sebesar 6,300 lebih besar dari t<sub>tabel</sub> 1,985 dengan didukung nilai signifikasi sebesar 0,000 yang artinya lebih besar dari 0,05 (5%). Secara simultan terdapat pengaruh secara positif dan signifikan gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian <em>online</em> dengan nilai F<sub>hitung</sub> sebesar 111,331 lebih besar dari F<sub>tabel</sub> sebesar 3,09 didukung dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 (5%). Selain itu perolehan nilai Adjusted R Square sebesar 0,697 atau 69.7%. Sedangkan sisanya sebesar 30,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian yang diteliti.</p> <p> </p>2025-08-04T02:12:45+00:00##submission.copyrightStatement##https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/article/view/248PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNA TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN APLIKASI INDRIVE (Studi Kasus Pada Konsumen inDrive di Kota Medan)2025-08-04T02:13:57+00:00Bayu Tetabayuteta4@gmail.com<p>Perkembangan teknologi digital telah memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor transportasi. Salah satu layanan transportasi berbasis aplikasi yang berkembang pesat adalah inDrive, yang menawarkan sistem negosiasi harga langsung antara pengguna dan pengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan pengguna terhadap niat menggunakan aplikasi inDrive di Kota Medan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden yang ditentukan menggunakan rumus Cochran. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan <em>software</em> EViews 10. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa kemudahan pengguna berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan aplikasi inDrive, dengan nilai t <sub>hitung</sub> sebesar 4,287683 > t <sub>tabel </sub>1,99714 dan <em>p-value</em> 0,0001 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,220476 menunjukkan bahwa 22,05% variasi niat menggunakan dapat dijelaskan oleh variabel kemudahan pengguna. Temuan ini sejalan dengan teori <em>Technology Acceptance Model </em>(TAM) yang menyatakan bahwa persepsi kemudahan penggunaan merupakan faktor penting dalam memengaruhi niat menggunakan sebuah aplikasi.</p>2025-08-04T02:13:57+00:00##submission.copyrightStatement##https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/article/view/249Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kantor Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat2025-08-07T08:20:44+00:00Dwi Fany Fransiska Dewidwivanny24@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kantor desa terhadap kepuasan masyarakat di Desa Bangun Baru, Kecamatan Sei Kepayang. Permasalahan yang muncul adalah kurangnya efisiensi pelayanan dan minimnya sarana prasarana yang disediakan oleh kantor desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 441 orang dari Dusun V dan sampel sebanyak 82 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas kantor desa secara signifikan memengaruhi kepuasan masyarakat. Nilai R² sebesar 0,620 menunjukkan bahwa kedua variabel mempengaruhi kepuasan masyarakat sebesar 62%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.</p>2025-08-07T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/article/view/251ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT KALBE FARMA2025-08-09T04:04:59+00:00Siswanto siswantosyswantop11@gmail.com<p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya fluktuasi pada kinerja keuangan PT. Kalbe Farma Tbk, dalam nilai ROI, ROA, ROE pada tahun 2022-2023.Semakin menurunya kinerja keuangan perusahaan dalam tiap tahunya maka dikatakan bahwa perusahaan memperoleh laba tahun berjalan yang semakin meningkat tetapi dengan meningkatnya laba tahun berjalan tersebut belum tentu akan menambah nilai positif bagi PT. Kalbe Farma, Tbk serta laba tersebut belum menggambarkan kinerja keuangan yang sesungguhnya dilihat dari sudut pandang nilai profitabilitasnya. Namun pada tahun 2022 dalam nilai ROI menunjukkan penurunan hal ini ini dikarenakan adanya penurunan pendapatan pada perusahaan.</p> <p> Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Kalbe Farma Tbk. Sampel dalam penelitian ini, laporan keuangan PT. Kalbe Farma, Tbk periode 2022-2023. Sumber data dalam penelititian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif – komperatif.</p> <p> Dari hasil analisis data, yang terdiri dari kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan Retrun On Investment, Retrun On Assetdan Retrun On Equity, kesimpulan bahwa nilai akhir pada hasil penelitian Pada tahun 2022 ROA PT. Kalbe Farma sebesar 12,50% dan Pada tahun 2023 ROA Perusahaan sebesar 12,90%,. Pada tahun 2022 ROE PT. Kalbe Farma sebesar 15,09%, dan Pada tahun 2023 ROE Perusahaan sebesar 15,90%. Pada tahun 2022 ROI PT. Kalbe Farma sebesar 168,19% dan Pada tahun 2023 ROI PT. Kalbe Farma sebesar 125,57%. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kinerja keuangan dengan menggunakan metode analisis data pada PT. Kalbe Farma Tbk tahun 2022 dan 2023 berada pada predikat kurang sehat. Berdasarkan standar industri dalam pengukuran tingkat kesehatan kinerja keuangan perusahaan.</p>2025-08-09T04:04:58+00:00##submission.copyrightStatement##https://stieibmi.ac.id/ojs/ojsibmi/index.php/JIBMI/article/view/252PENGARUH REKRUTMEN DAN SELEKSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA RADIO REPUBLIK INDONESIA MEDAN2025-08-09T04:41:35+00:00Hafni Cholida Nasutionhafnicholida80@gmail.com<p>Dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk menentukan posisi orang yang tepat di dalam mengisi suatu jabatan, jika jabatan tersebut tidak dibuat dalam suatu batasan yang jelas serta menyangkut ruang lingkup jabatan dan spesifikasi sipemegang jabatan. Yang bisa dijadikan dasar untuk melakukan rekrutmen dan seleksi. Dengan adanya rekrutmen dan seleksi, maka calon karyawan yang diterima sudah sesuai dengan kriteria yang diperlukan dalam suatu organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh rekrutmen terhadap kinerja karyawan secara parsial, (2) untuk mengetahui pengaruh seleksi terhadap kinerja karyawan secara parsial dan (3) untuk mengetahui pengaruh rekrutmen dan seleksi terhadap kinerja karyawan secara simultan.</p> <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif .Populasi dan sampel penelitian ini karyawan Radio Republik Indonesia Cabang Medan berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji analisis data, asumasi klasik dan hipotesis. Koesiner yang kembali berjumlah 35 koesioner.</p> <p>Hasil penelitian menunjukan bahwa <em>Adjusted R Square </em>sebesar 0.691 yang berarti 69,1 % faktor-faktor dari kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh seleksi dan rekrutmen sedangkan selebihnya sebesar 30,9 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Seleksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sedangkan rekrutmen tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada Radio Republik Indonesia Medan.Seleksi dan rekrutmen berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada terhadap kinerja karyawan pada Radio Republik Indonesia Medan.</p>2025-08-09T04:41:35+00:00##submission.copyrightStatement##