PENGARUH BRAND DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. APPLE AUTHORIZED

Kiki Hardiansyah Siregar, Nazamuddin Ritonga

  • Kiki Hardiansyah Siregar Stie ibmi
Keywords: Brand, Harga, Keputusan Pembelian Pelanggan

Abstract

Riset ini bertujuan ini untuk mengetahui pengaruh brand dan harga terhadap keputusan
pembelian pelanggan pada PT. Apple Authorized. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
meningkatnya toko pakaian di Medan, Banyaknya brand yang muncul di pasar sehingga
perusahaan harus dapat memenangkan branding strategy dan Terdapat kecenderungan
penurunan penjualan dan transaksi pada produk Apple.
Populasi dalam berjumlah 83 responden sedangkan teknik penentuan dengan teknik
sampel jenuh. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder.
Dimana data primer dari observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder
dapat dari data yang sudah didokumentasikan. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan
yaitu analisa regresi linier berganda dengan menyelesaikan uji asumsi klasik terlebih dahulu.
Hasil analisis regresi linier berganda yaitu Y = 10,086+ 0,570X1 + 0,484X2 + ε yang
menjukkan brand dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pelanggan. Sedangan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa brand
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan dimana dapat
dilihat nilai thitung 4,707 > ttabel 1,990 serta variabel harga juga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan dimana dapat dilihat nilai thitung 3,898 >
ttabel 1,990. Hasil koefisien determinasi dengan nilai regresi korelasi sebesar 0,842 artinya
secara bersama-sama brand dan harga Terhadap keputusan pembelian pelanggan pada PT.
Apple Authorized memiliki kontribusi pada taraf yang erat dan positif. Dimana nilai (R2)
sebesar 0,702 (70,2%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 70,2% variasi variabel terikat yaitu
brand dan harga pada model dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian pelanggan
pada PT. Apple Authorized sedangkan sisanya sebesar 29,8% dipengaruhi oleh variabel lain
di luar model. Adapun variabel lain yang mempengaruhi pengalaman kerja yakni kemampuan
dan sebagainya.

References

Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Adityo, Danny. dan K. Budi Susrusa. Pengaruh Karakteristik Situasional dan Komponen
Kualitas Layanan Gerai Starbucks terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal
Manajemen Agribisnis Vol. 2 No. 1 Mei 2014. ISSN 2355-0759. 2014
David, Aaker A, dan Joachimstahler. Manajemen Ekuitas Merek, alih Bahasa; Aris Ananda.
Edisi III, MitraUtama, Jakarta: 2009
Dua Lembang, Rosvita. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaua
terhadap Keputusan Pembelian Teh siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol
Sosro. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. 2010
Published
2020-05-12