Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kantor Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kantor desa terhadap kepuasan masyarakat di Desa Bangun Baru, Kecamatan Sei Kepayang. Permasalahan yang muncul adalah kurangnya efisiensi pelayanan dan minimnya sarana prasarana yang disediakan oleh kantor desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 441 orang dari Dusun V dan sampel sebanyak 82 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas kantor desa secara signifikan memengaruhi kepuasan masyarakat. Nilai R² sebesar 0,620 menunjukkan bahwa kedua variabel mempengaruhi kepuasan masyarakat sebesar 62%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
References
Fransiscus, R., Sagala, L. G., & Sagala, M. S. (2024). The Influence Of Education And Training Programs On Employee Achievement In Republic Of Indonesia Public Radio Broadcasting Institution Medan. 13(02), 492–501. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i02
Ghozali, Imam. 2020. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husna, Indrayani. 2021. Penerapan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan. Jakarta : J. ElRiyasah.
Kotler dan Keller. 2019. Prinsip-prinsip mananjemen. Jakarta : Erlangga
Maduma Sari Sagala, R. H. (2022). The Effect Of Product Quality And Service Quality On Consumer Satisfaction At Pt. Delami brands Kharisma Busana. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(03).
Nopian Sinaga, I. (2023). Influence of Motivation, Work Environment and Compensation on Employee Performance. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 17(2). https://doi.org/10.55208/jebe.v17i2.447
Nuryadi, dkk. 2020. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta : Sibuku Media.
Rusiadi, Subiantoro. 2021. Metode Penelitian. Yogyakarta : GAVA MEDIA
Rahmadi. 2019. Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D.
Slovin. 2019. Populasi dan sampel penelitian. Jakarta : Erlangga.
Tjiptono Fandy. 2019. Kepuasan Pelanggan Konsep Pengukuran dan Strategi. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Tjahya Supriatna. 2016. Administrasi Birokrasi Dan Pelayanan Publik. Jakarta : Nimas Multima.
Umar Husein. 2016. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali Mulyadi. Widoyoko, Eko
Putro. 2020. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar