PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNA TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN APLIKASI INDRIVE (Studi Kasus Pada Konsumen inDrive di Kota Medan)
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor transportasi. Salah satu layanan transportasi berbasis aplikasi yang berkembang pesat adalah inDrive, yang menawarkan sistem negosiasi harga langsung antara pengguna dan pengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan pengguna terhadap niat menggunakan aplikasi inDrive di Kota Medan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden yang ditentukan menggunakan rumus Cochran. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan software EViews 10. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa kemudahan pengguna berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan aplikasi inDrive, dengan nilai t hitung sebesar 4,287683 > t tabel 1,99714 dan p-value 0,0001 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,220476 menunjukkan bahwa 22,05% variasi niat menggunakan dapat dijelaskan oleh variabel kemudahan pengguna. Temuan ini sejalan dengan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang menyatakan bahwa persepsi kemudahan penggunaan merupakan faktor penting dalam memengaruhi niat menggunakan sebuah aplikasi.
References
[2] F. Muñoz-Leiva, S. Climent-Climent, and F. Liébana-Cabanillas, “Determinantes de la intención de uso de las aplicaciones de banca para móviles: una extensión del modelo TAM clásico,” Spanish J. Mark. - ESIC, vol. 21, no. 1, pp. 25–38, 2017, doi: 10.1016/j.sjme.2016.12.001.
[3] L. Zhou, S. Xue, and R. Li, “Extending the Technology Acceptance Model to Explore Students’ Intention to Use an Online Education Platform at a University in China,” SAGE Open, vol. 12, no. 1, 2022, doi: 10.1177/21582440221085259.
[4] R. Aditya and A. Wardhana, “Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada pengguna Instant Messaging LINE di Indonesia,” J. Siasat Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 24–32, 2016, doi: 10.20885/jsb.vol20.iss1.art3.
[5] T. Kita, P. Angin, and B. Teta, “PENGARUH DIMENSI KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KALANGAN MAHASISWA STMIK TIME,” vol. 7, no. 1, pp. 84–92, 2025.
[6] Renny, S. Guritno, and H. Siringoringo, “Perceived Usefulness, Ease of Use, and Attitude Towards Online Shopping Usefulness Towards Online Airlines Ticket Purchase,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 81, pp. 212–216, 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.06.415.
[7] H. Nurhaida, E. Pramudita, and H. Achmadi, “Faktor Yang Mempengaruhi Niat Penggunaan (Intention To Use) Layanan Telekonsultasi Aplikasi Halodoc Pada Masyarakat Indonesia,” Manaj. Kesehat. Indones., vol. 12, no. April, pp. 14–24, 2024.
[8] N. Nurhasanah, A. Launtu, D. Dharmawan, S. Ekasari, and Puwanti, “Analysis of The Influence of Perceived Compatibility, Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness on Intention to Use Mobile Banking Digital Transaction Services of Banking Customers,” J. Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 4, pp. 160–164, 2023, doi: 10.60083/jidt.v5i4.432.
[9] B. Teta, “Pengaruh kelalaian karyawan terhadap produktivitas di tambak udang venambak,” vol. 6, no. 3, pp. 613–623, 2024.
[10] R. & M. S. S. Harahap, “The effect of village fund management on infrastructure development in Tanjung Putus village, Pegajahan district, Serdang Begadai regency,” J. Ekon., vol. 13, no. 1, pp. 2278–2290, 2024, doi: 10.54209/ekonomi.v13i01.
[11] S. H. Sahir, Metodologi Penelitian. Yogaykarta: KBM Indonesia, 2022.
[12] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
[13] F. D. Davis, “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology,” MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 13, no. 3, pp. 319–339, 1989, doi: 10.2307/249008.