PENGARUH GAYA HIDUP DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN ONLINE PADA SALAH SATU TOKO DI KOTA MEDAN

  • Rifqah Harahap
Keywords: Keputusan Pembelian, Gaya Hidup, Harga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian online pada salah satu toko di kota Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linear berganda dan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pakaian online dengan nilai thitung sebesar 4,995 lebih besar dari ttabel 1,985 dan didukung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 (5%), terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap keputusan pembelian pakaian online dengan nilai thitung sebesar 6,300 lebih besar dari ttabel 1,985 dengan didukung nilai signifikasi sebesar 0,000 yang artinya lebih besar dari 0,05 (5%). Secara simultan terdapat pengaruh secara positif dan signifikan gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian online dengan nilai Fhitung sebesar 111,331 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,09 didukung dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 (5%). Selain itu perolehan nilai Adjusted R Square sebesar 0,697 atau 69.7%. Sedangkan sisanya sebesar 30,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian yang diteliti.

 

References

[1] D. Fany, F. Dewi, and E. N. Bako, “The Role Of Information Technology On Business Development,” vol. 13, no. 02, pp. 1314–1320, 2024, doi: 10.54209/ekonomi.v13i02.
[2] R. Harahap and A. Situmorang, “The Influence of Price Promotion and Discounts on Sales (Study at A Medical Device Company in Medan City),” Bisnis Entrep., vol. 17, no. 1, pp. 26–34, 2023.
[3] P. and G. A. Kotler, “Pemasaran, Edisi pertama,” in Pemasaran, Edisi pertama, Salemba Empat. Jakarta, 2017.
[4] D. Sunyoto, Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service., 2015.
[5] Jerry C. Olson dan Peter J. Paul, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2. Penerbit Salemba Empat: Jakarta., 2014.
[6] F. Tjiptono, “Strategi Pemasaran, Edisi 4,” in Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta., 2015.
[7] P. and G. A. Kotler, “Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1,” in Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1, Jakarta:Erlangga, 2016.
[8] Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks, 2017.
[9] T. Suryani, “Perilaku Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Pertama.,” in Perilaku Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Pertama., Jakarta: Graha Ilmu, 2013.
[10] Andi, “Strategi Pemasaran, Edisi 4,” Andi Offset, Yogyakarta., 2015.
[11] H. Cholida Nasution and D. Amanda Samosir, “The Influence of Price, Promotion, And Service Quality on Consumer’s Purchase Interest in Matahari Store Department,” 2023.
[12] P. dan A. Kotler, Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2018.
[13] M. S. Sagala and R. Harahap, “THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY AND SERVICE QUALITY ON CONSUMER SATISFACTION AT PT . DELAMIBRANDS,” vol. 11, no. 03, pp. 1411–1419, 2022.
[14] Istijanto, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama., 2013.
[15] Sugiyono, . Quantitative, Qualitative and R&D Research Methods. Bandung: CV. Alfabeta., 2018.
[16] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
[17] P. K. E. Chick and I. Chaterina, “PENGARUH GAYA HIDUP DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN,” vol. 1, 2016.
[18] D. D. S. Mukuan, “Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Manado Town Square,” vol. 1, no. 3, pp. 256–260, 2020.
[19] V. Yazia, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY (Studi Kasus Blackberry Center Veteran Padang) Vivil Yazia,” vol. 2, no. 2, 2014.
[20] Erdawati, “TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI SHOPEE INFLUENCE OF LIFESTYLE , ADVERTISING AND PRICES ON ONLINE PURCHASE DECISIONS THROUGH SHOPEE,” vol. 8, no. September, pp. 365–371, 2020.
Published
2025-08-04