STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL DAN MENENGAH
Dwi Fany Fransiska Dewi Butar Butar
Abstract
Penelitian ini fokus pada pembahasan bagaimana peran digital marketing sebagai sebuah strategi pemasaran bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa pemasaran produk secara digital memberikan kemudahan pelanggan memperoleh informasi suatu produk dan dapat berertransaksi berbasis internet. Penjual dapat memantau perkembangan pasar, memperoleh informasi mengenai kebutuhan dan keinginan calon pelanggan. Selain hal tersebut, pemasaran digital lebih efektif dan efisien tanpa perlu sering mobilisasi. Hasilnya, para UMKM mendapat bantuan dalam meningkatkan sistem pemasaran mereka dengan bantuan pemasaran digital untuk mendukung peningkatan kegiatan penjualan dan memperluas tujuan bisnis mereka. Selain itu, pendampingan pemasaran produk melalui akun media digital juga diberikan kepada UMKM. Instagram dan Tiktok, selain administrasi media digital.
References
Harahap, R., & Situmorang, A. (2023). Influence of Price Promotion and Discounts on Sales. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 17(1), 26–34. https://doi.org/10.55208/jebe.v17i1.309
Maduma Sari Sagala, R. H. (2022). THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY AND SERVICE QUALITY ON CONSUMER SATISFACTION AT PT. DELAMIBRANDS KHARISMA BUSANA. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(03).
Nurhasanah, N., Launtu, A., Dharmawan, D., & Ekasari, S. (2023). Analysis of The Influence of Perceived Compatibility, Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness on Intention to Use Mobile Banking Digital Transaction Services of Banking Customers. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 160–164.
Robby. 2023. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI). Vol.2, No.2 Juni 2023 e-ISSN: 2963-5519; p-ISSN: 2963-5055, Hal 96-102
Siska. 2022. Penerapan strategi digital marketing pada UMKM Makanan dan minuman khas Gresik. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK). E-ISSN NO: 2829-2006
Zeptanus. 2023. Strategi Pemasaran Digital Bagi UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing(Studi Kasus Pada UMKMDi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMAK). p–ISSN: 2964-8858e-ISSN: 2963-3087Vol. 2, No. 2, Juli 2023