PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP RENTABILITAS PADA PT UNILEVER INDONESIA Tbk.
Siswanto, Lapiti Gokmatua Sagala, Raymond Fransiscus
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perputaran piutang berpengaruh terhadap rentabilitas.Objek penelitian dalam penelitian ini adalah salah satu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu PT Unilever Indonesia,Tbk, data yang diambildari tahun 2018-2022.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan yang terdaftar di PT.Unilever Indonesia,Tbk. Sedangkan teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, regresi linier dan pengujian Hipotesis.
Hasil analisis regresi linier yaitu yang menunjukkan Y=0,781+ 0,641X+ e hasil uji t atau uji parsial menunjukkan bahwa variabel perputaran piutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap rentabilitas pada PT. Unilever Indonesia Tbk Nilai signifikansinya untuk variabel perputaran piutang (0,007) lebih besar dibandingkan dengan dari alpha 5% (0,05) atau thitung = 6,526 > ttable (n-k=10-2=8=2.30600)..
References
Astuti,2014. Manajemen Keuangan Perusahaan,Jakarta :Ghalia Indonesia
Agnes Sawir.2005.Analisis Kinerja Keuangan teori dan soal jawaban, (Bandung): Alfabeta
Andjar Pachta W, 2005.Hukum Koperasi Indonesia Pemahaman, Regulasi, Pendidikan, dan Modal Usaha, Cet. I, Jakarta: Kencana Prenada Media.
Basri,H. 2015.Manajemen Keuangan
Bambang Riyanto.2017.Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan:Yogyakarta, BPFE.Yogyakarta
Darsono.20017.Pendekatan Praktis Kajian Pengembalian Kajian Bisnis Berbasis Analisis keuangan manajemen keuangan,Jakarta: Nusantara consulting
Dermawan Sjahrial.2006.Pengantar Manjemen Keuangan,Jakarta:Mitra Wacana Media
Dinantri.2014.Pengaruh Piutang Terhadap Rentabilitas Pada PT.Ultrajaya Milk Industri dan Trying Company,Tbk.Universitas Sumatera Utara
Dwi Martani,2012.Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Salemba Empat, Jakarta
Evi Novalin Bako, A. N. (2020). Analysis of the Effect of Product Quality, Brand Image and Customer Relations on Customer Loyalty CV. Globalindo Sejati. Jurnal Mantik, 1877-1884.
Hery.2013.TeoriAkuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Ikatan Akuntan Indonesia.2015. Standar Akuntansi Keuangan. Per 1 Oktober 2004. Jakarta: Salemba Empat.
Sinaga, I. N. (2023). The Influence of Motivation, Work Environment and Compensation on Employee Performance Case Study at PT. Marurat Artaraya. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 334-351.